Murahnya Liburan di Eropa

banner 468x60

Kenapa sih saya bisa bilang bahwa liburan di Eropa itu murah, karena perjalanan saya ke Eropa saya lakukan sekita 2 bulan setelah perjalanan saya ke Tokyo, Jepang. Makanya kalo saya bandingin Eropa dan Jepang jadinya liburan di Eropa tidak terlalu mahal. Tapi kalau dibandingin dengan biaya liburan di Indonesia dan Thailand, Liburan di Eropa tetap aja Mahal. Dengan harga skitar 1 juta permalam liburan di Indonesia dan Thailand, saya sudah bisa tinggal di Hotel berbintang dan private room, tpi untuk Eropa dan jepang, harga segitu masih untuk dorm, kalopun bisa dapat private room dengan harga segitu, pasti ruangannya kecil ataupun private room tapi shared bathroom.

banner 300x250

Untuk Liburan Eropa saya kali ini saya memilih rute Manila – Amsterdam – Berlin – Prague – Brno – Vienna – Selcuk – Denizli – Istanbul – Manila. Rute ini didapat setelah utak – atik itin beberapa kali, bikini tin ini meruapakan suatu tantangan, awalnya saya bikin itinerary khusus proses apply visa, ini pun sempat saya ubah beberapa kali. Setelah visa di approved, itinerary berubah lagi. Dan setelah itinerary ini jadi saya mulai nyari-nyari tiket antar negara eropa, karena ada tiket-tiket yang mahal, akhirnya itinerary saya ubah lagi. Paris, Franfurt dan Budapest saya hapus dari itinerary, sehingga akhirnya setelah tiket antar negara terbeli jadi lah itinerary sesuai dengan yang saya sebutkan diatas.

Kalau ada yang nanya berapa sih biaya yang saya habiskan dengan itineary diatas? Jreng jreng jreng, total semuanya adalah skitar 20-an Juta, tidak sampai 30 Juta. Padahal saya terobsesi banget bisa liburan yang murah banget, yang kira-kira kalo orang denger, orang ga akan percaya kalo dananya bisa murah banget.

Untuk liburan di Eropa ini, karena waktunya Cuma sekitar 7 (tujuh hari), jadinya saya tidak mahu terlalu kejar setoran, dengan banyaknya tempat yang harus saya kunjungi. Jadinya selama 7 hari liburan di Eropa saya Cuma lenjeh-lenjeh aja, muter-muter daerah kota dan tempat-tempat touristy. Sementara 7 hari lagi saya habiskan di Turkey. Tapi 7 hari di Turkey tetap saja tidak cukup. Untuk cerita liburan saya di Turkey, saya ceritakan secara terpisah ya. Untuk saat ini saya akan menceritakan khusus 4 negara eropa saja (Netherlands, Germany, Czechia, dan Austria).

Dari Ke empat negara yang saya kunjungi kalo saya harus memilih negara mana diantara ke empatnya makanya saya memilih Czechia, saya kok jatuh cinta dengan kota Prague, menurut saya ini adalah kota kecil yang nyaman untuk di tinggali. Tapi sebenarnya keempat negara tersebut nyaman kok.

Untuk makanan tetap saja Fastfood dan Convenience store menjadi andalan saya selama liburan di negara-negara mahal. Kalau seandainya mau makan fancy di restaurant, sabar dulu ya, sampai kembali ketanah air.

Selama di Eropa saya sempat belanja kecil-kecilan, sempat beli jaket, sepatu dan Tas. Emang sih pada saat sedang di berlin rasanya ingin belanja banyak, kerena harganya hanya beberapa puluh Euro, jadi berasa murah, padahal pada saat di convert ke Rupiah harganya jadi mahal. Makanya kalo sedang liburan di Eropa paling males convert, biar liburan lebih nyaman.

Untuk informasi lengkap mengenai liburan saya di setiap kota di eropa, silangkan langsung ke link berikut ini ya:

  1. Murahnya liburan di Amsterdam
  2. Shopping Spree di Kota Berlin
  3. Nyamannya liburan di kota Praha
  4. Vienna, Austria
  5. Serunya liburan di Turkey
banner 468x60
Rate this article!
Murahnya Liburan di Eropa,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply