Cara Perpanjang Visa Turis Philippines (Philippines Tourist Visa Extended)

banner 468x60

Filipina termasuk dalam negara South East Asia yang bebas visa, jadi kalau ingin liburan ke filipina, kalian bisa masuk hanya dengan bermodalkan tiket dan bisa stay di Filipina maksimal 30 hari.

Bagi kalian yang suka liburan ke Filipina, dan berencana tinggal lebih dari satu bulan di sini maka dari pada kalian menghabiskan uang yang banyak untuk beli tiket pesawat karena harus keluar masuk Filipina agar visa turisnya tetap aktif, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memperpanjang masa berlaku visa turis kalian.

banner 300x250

Untuk sekali perpanjang kalian bisa pilih 1 bulan (30 hari) atau 2 bulan (60 hari), kita bisa perpanjang turis visa beberapa kali, dengan total maksimal stay 1 tahun. Tapi perlu diingat ya, kalau kita sudah tinggal di Filipina lebih dari 6 bulan maka pada saat ingin keluar dari Filipina wajib mengurus suran yang namanya EXIT CLEARANCE CERTIFICATE (ECC), tanpa surat ini maka tidak bisa keluar dari filipina.

Exit clearance bisa kita urus di kantor yang sama dengan kantor pengurusan Visa turis yaitu Bureau Of Immigration, lokasinya ada di sekitaran Intramuros.

Berhubung saya sudah pernah mengurus perpanjang visa sendiri, maka saat ini saya akan berbagi proses perpanjangan turis Visa ya, untuk exit clearance belakangan aja.

Untuk turis visa saya berlaku sampai dengan tanggal 11 Desember 2019, saya memperpanjang turis visa pada tanggal 02 Desember 2019, dan masa berlaku turis visa saya menjadi 11 Januari 2020 (karena saya pilih 1 bulan). Passportnya bisa saya ambil pada tanggal 05 Desember 2019, setelah jam makan siang.

Cara mengurusnya cukup mudah, berikut saya rangkumkan langkah-langkahnya ya:

  1. Kalian ke kantor imigrasi Filipina dengan membawa passport dan uang (Jam kerja senin- Jum’at 7:00 AM – 5:30 PM )
  2. Sesampai di kantor imigrasi, kalian akan diarahkan ke counter perpanjangan visa tourist untuk mengisi form perpanjangan visa turis.
  3. Setelah itu maka kalian harus antri untuk ke counter Document assessment (counter no, 32, 33 dan 34), disini kita akan ditanya mau perpanjang satu bulan atau 2 bulan, kemudian akan di print invoice untuk pembayaran dan 2 lembar dokumen untuk diserarahkan ke counter terakhir. Biaya perpanjangan untuk 1 bulan adalah PHP 1,330.00, dan kalian juga akan ditanya proses regular (3 hari) atau fast service (2 hari), saya pilih yang regular.
  4. Kemudian setelah dokumen kalian tidak bermasalah, maka kita akan diarahkan ke Counter pembayaran (Counter no, 26 dan 27)
  5. Kemudian semua bukti akan di serahkan ke counter terakhir (Counter no 30)

Pada saat saya perpanjang visa tersebut, prosesnya lumayan cepat, saya sengaja datang pagi, skitar jam 7 saya sudah sampai disana, kantornya sih sudah buka, namun pada saat saya datang, semua petugas imigrasi sedang ada kontes menyanyi dan dance sampai skitar jam 8 pagi sepertinya mereka merayakan natalan. Sementara semua orang yang ke imigrasi harus mengantri diluar (dijalan raya), sampai mereka selesai selesai party. Rada kesel sih, tapi kalau kalian sudah lama tinggal di Filipina, hal-hal seperti itu udah sering banget tejadi.

banner 468x60
author

Author: 

Leave a Reply